Becak Batman

Admin tigabinanga.net lagi selfi di becak batman... hehehe Baca »

Uis Gara Goes To Netherlands

Sedikit cerita tentang kebanggaan warga karo yang tinggal di Kota Heerlen Belanda... Baca »

Kedai Kopi Surya Indah

Kedai kopi berbobot dan keren, ngopi yuukkk... Baca »

Tigabinanga Tempo Doeloe

Mari kita lihat sejenak Tigabinanga tempo doeloe... Baca »

Suka Menulis dan Foto?

Mari Bergabung untuk berbagi informasi... Baca »

 

1.4 Miliar ke Desa-desa Seluruh Kecamatan Tiga Binanga?

Masih ingat salah satu Program kampanye Jokowi – JK di tahun 2014? Salah satu program yang selalu di utarakan setiap kampanye adalah Program 1,4 Miliar untuk setiap desa di seluruh Indonesia. Apakah dana 1,4 Miliar dari pemerintah bisa dialokasikan ke setiap desa di seluruh Kecamatan Tiga Binanga? Ada syarat untuk bisa memperoleh dana 1,4 Miliar tersebut.

Tahun 2015 ini pemerintah sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp. 19,1 Triliun dari APBN, dan dana tersebut akan dibagikan ke Desa-desa seluruh Indonesia berdasarkan kriteria masing-masing Desa seperti lokasi desa dan jumlah penduduknya. Dan dana tersebut tidak dibagikan begitu saja, karena setiap desa harus memenuhi syarat yang diminta oleh Pemerintah. Setiap Desa diwajibkan untuk membuat program pembangunana Desa, pertama rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJMdes) dan kedua, rencana kerja pembangunan desa (RKPdes). Jika kedua syarat yang diajukan oleh Pemerintah tidak dipenuhi maka dana 1,4 tidak dapat diterima oleh Desa. Tujuan Pemerintah membuat syarat tersebut agar Pemerintah mengetahui program pembangunan disetiap Desa dan dapat mengawasi setiap dana yang dipergunakan agar lebih tepat sasaran dan jelas.

Adapun batas penyerahan berkas RPJMdes dan RKPdes pada bulan April 2015, dan serahan melalui masing-masing Kabupaten, jadi perangkat Desa masih ada untuk menyiapkan berkas-berkas tersebut.

Semoga Kepala Desa berserta perangkat-perangkat Desa seluruh Kecamatan Tiga Binanga sudah mendapatkan informasi tersebut agar secepatnya memikirkan pembangunan apa yang harus diadakan di masing-masing Desa. Dalam hal ini seyogyanya Kepala Desa dan perangkat-perangkat nya melibatkan masyarakat agar memusyawarahkan program apa yang diprioritas untuk kepentingan masyarakat di masing-masing Desa. Kenapa perlunya dilibatkan masyarakat? agar alokasi dana tersebut diketahui langsung oleh masyarakat dan bersama-sama mengawasi penggunaan dana tersebut supaya lebih jelas.