Becak Batman

Admin tigabinanga.net lagi selfi di becak batman... hehehe Baca »

Uis Gara Goes To Netherlands

Sedikit cerita tentang kebanggaan warga karo yang tinggal di Kota Heerlen Belanda... Baca »

Kedai Kopi Surya Indah

Kedai kopi berbobot dan keren, ngopi yuukkk... Baca »

Tigabinanga Tempo Doeloe

Mari kita lihat sejenak Tigabinanga tempo doeloe... Baca »

Suka Menulis dan Foto?

Mari Bergabung untuk berbagi informasi... Baca »

 

10 Tahun Menghadiri Upacara HUT RI di Istana Negara

Sewaktu jaman rezim Soeharto setiap tgl 17 Agustus saya selalu menyaksikan detik-detik proklamasi melalui TV, begitu sakral dan agungnya acara itu dan kadang tersirat dalam hatiku kapan ya saya bisa ikut upacara di dalam istana Negara yg begitu megah dan itu merupakan doa bagiku yg suatu saat mungkin terkabul.

Tanggal 15 Agustus 2004 seorang teman seperjuangan memberikan saya satu undangan, setelah di baca undangan tersebut ternyata undangan untuk menghadiri upacara peringatan detik-detik Proklamasi di Istana Negara, perasaanku bangga dan terharu begitu menerima undangan tersebut, ternyata doa dalam hatiku setiap menyaksikan peringatan detik-detik proklamasi di tv sewaktu rejim soeharto terkabul, saya tidak menyangka.

17 Agustus 2004 merupakan langkah awal untuk menginjakan kaki di istana Negara untuk menghadiri upacara peringatan detik-detik proklamasi dengan inspektur upacara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Hal ini terus berlanjut setiap tahunnya, saya selalu mengikuti upacara detik-detik Proklamasi di Istana Negara sampai dengan terakhir 17 Agustus tahun 2014, jadi dapat dikatakan sudah 10 kali saya mengikuti detik-detik Proklamasi di Istana Negara, ini merupakan suatu kebanggaaan tersendiri dalam hidup saya.

10 Tahun Menghadiri Upacara HUT RI di Istana Negara 05

Suasana Upacara HUT RI di Istana Negara

Acara peringatan detik-detik proklamasi di Istana Negara terdiri dalam 2 bagian, upacara pagi pengibaran bendera dan upacara sore penurunan bendera. bedanya antara pagi dan sore hanya berupa karnaval parade senjanya saja yg merupakan suatu hiburan.

Peringatan penaikan bendera di mulai jam 10.00 wib, saya beserta keluarga berangkat dari rumah sekitar jam 07.00 wib karena 1 jam sebelum acara dimulai pintu masuk Istana Negara sudah di tutup, belum lagi untuk mencari parkir dan tempat duduk di posisi yang strategis sangatlah sulit.

10 Tahun Menghadiri Upacara HUT RI di Istana Negara 07

Suasana Upacara HUT RI di Istana Negara

Saya sangat bangga dengan pasukan peserta upacara dan paskibraka yangg begitu rapi dan kompak dalam baris berbaris. Selesai upacara pengibaran bendera , orang pada berlomba-loma untuk berfoto, yang paling menarik dalam hal berfoto yang saya saksikan yang menjadi idaman mereka untuk berfoto itu merupakan sedan Dinas Presiden RI yg terparkir di samping Istana Negara, begitu juga dengan kendaraan lapis baja berupa panser dan prajurit dengan senjata lengkapnya.

10 Tahun Menghadiri Upacara HUT RI di Istana Negara 01

Foto bersama Bapak Yusril Ihza Mahendra dan Menkopolhukam

10 Tahun Menghadiri Upacara HUT RI di Istana Negara 02

Bapak Yulius Michael Peranginangin, SH makan malam

Beda lagi dengan upacara penurunan bendera, saya dan keluarga sudah sampai lokasi istana pukul 14.30 Wib, karena pada pukul 15.00 wib acara parade senja dan marching band dimulai yang turut langsung menyaksikan juga Presiden SBY dan Ibu Ani, jadi dalam acara ini kita disuguhi hiburan kebudayaan berbagai macam daerah dan lagu-lagu daerah serta atraksi marching band.

10 Tahun Menghadiri Upacara HUT RI di Istana Negara 04

Bapak Yulius Michael Peranginangin, SH menghadiri pertemuan

Untuk acara sore suasana agak sedikit santai dibandingkan upacara pagi yang begitu sakral, selesai acara parade nusantara baru dilanjutkan dengan upacara penurunan bendera, begitu upacara penurunan bendera selesai kembali orang-orang pada sibuk untuk berfoto di lingkungan istana, dan lebih menarik lagi ibu-ibu sibuk untuk mengambil kembang-kembang yang ada di podium upacara dan di perbolehkan untuk dibawa pulang, kalau upacara pagi tidak boleh karena sore masih ada upacara penurunan bendera.

10 Tahun Menghadiri Upacara HUT RI di Istana Negara 06

Bapak Yulius Michael Peranginangin, SH bersama istri

10 Tahun Menghadiri Upacara HUT RI di Istana Negara 03

Bapak Yulius Michael Peranginangin, SH bersama Veteran

Jadi dalam pengalamanku selama menghadiri upacara detik-detik Proklamasi dan upacara penurunan bendera dalam 1 hari itu saya mendapatkan 2 kali bingkisan souvenir dari istana yang sudah disiapkan oleh panitia karena pagi dan sore saya selalu ikut he..he..he… selama 10 tahun alias 10 kali hari kemerdekaan RI.

Karena undangan untuk menghadiri upacara pagi dan sore berbeda, jadi tidak semua peserta bisa mendapatkan undangan untuk pagi dan sore, ada yg hanya dapat pagi, dan ada juga yang hanya dapat sore.

Jadi pada kesempatan ini saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden SBY dimana selama pemerintahan bapak selama 10 tahun saya dapat menginjakan kaki di Istana Negara termasuk juga Istana Negara di Bogor dan Cipanas.

Begitu juga terima kasih kepada teman-teman seperjuangan didalam wadah Jaringan Nusantara (JN) dengan pentolannya Aam Sapulete, Andi Arief dan Heri Sebayang karena organisasi inilah saya bisa menginjakan kaki di Istana, mengikuti upacara detik-detik Proklamasi di Istana Negara, bertemu Presiden, Ibu Negara, menteri-mentri dan pejabat Negara lainnya.

Terutama aku sangat bangga dapat membawa isteri dan anak-anak untuk ikut dalam upacara detik detik proklamasi. mereka pun sangat senang dan bahagia.

Aam Sapulete, Andi Arief dan Heri Sebayang, ke tiga orang inilah yang memiliki akses langsung ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tanpa melalui ajudan. Dan ke tiga orang ini jugalah yang membuka bagi saya selama 10 tahun untuk ikut upacara detik-detik PROKLAMASI di Istana Negara. Thanks Bro !

17 Agustus 2015 ini saya tidak dapat ikut upacara detik-detik Proklamasi di Istana Negara, melainkan aku memperingatinya di lapangan Nusantara – Polo Club Cibinong – Bogor alias milik Prabowo Subianto. Bersama abang nda MS Kaban, dan para petinggi KMP lainnya. MERDEKA!

Insyaallah tahun depan kita dapat memperingati deti-detik Proklamasi di Istana Negara lagi.. he.he.he..

# Cerita diatas dikirim oleh Bapak Yulius Michael Peranginangin, SH berdasarkan pengalaman beliau yang selalu hadir mengikuti upacara HUT RI di Istana Negara Selama 10 tahun berturut-turut dari tahun 2004 sampai dengan 2014. Bapak Yulius Michael Peranginangin, SH adalah saudara kita yang berasal dari Tigabinanga yang berdomisili di Jakarta dan saudara dari Jaya Peranginangin. Dan semoga Bapak Yulius Michael Peranginangin, SH mengajak admin www.tigabinanga.net untuk menghadiri upacara detik-detik Proklamasi HUT RI di Istana Negara.