Becak Batman

Admin tigabinanga.net lagi selfi di becak batman... hehehe Baca »

Uis Gara Goes To Netherlands

Sedikit cerita tentang kebanggaan warga karo yang tinggal di Kota Heerlen Belanda... Baca »

Kedai Kopi Surya Indah

Kedai kopi berbobot dan keren, ngopi yuukkk... Baca »

Tigabinanga Tempo Doeloe

Mari kita lihat sejenak Tigabinanga tempo doeloe... Baca »

Suka Menulis dan Foto?

Mari Bergabung untuk berbagi informasi... Baca »

 

Air Terjun Sendulpak Juhar

Air Terjun Sendulpak salah satu lokasi yang berpotensi untuk diangkat jadi tempat wisata. Air terjun ini sangat indah dan sejuk bila berada di sekitarnya karena air terjun ini di keliling pohon-pohon besar yang sangat rindang. Air terjun Sendulpak ini berada di wilayah Kecamatan Juhar.

# EDISI KEDUA TEAM GGS

Sebelumnya team GGS sudah mendengar dari beberapa teman bahwa di daerah Kecamatan Juhar ada Air terjun yang masih banyak orang belum tahu keberadaan Air Terjun tersebut. Adapun masyarakat setempat mengatakan bahwa Air Terjun tersebut bernama Sendulpak yang keberadaannya memang belum terpublikasikan.

Air Terjun Lau Sendulpak 01

Klik gambar untuk diperbesar

Pada tanggal 15 Maret 2015 team GGS (Ganteng Ganteng Singalorlau) yang mempunyai slogan “Meningkat Potensi Wisata” berangkat dari Tiga binanga menuju ke Kecamatan Juhar. Adapun Team GGS yang berangkat ke lokasi terdiri dari 6 orang ; Muhammad S Tarigan (GGS 058), Haris Sembiring/admin Tigabinanga.net (GGS555), Liasta Sebayang (GGS807), Manan Tarigan (GGS 088), Fauzi Andri Sebayang (GGS 765) dan Indra Pergogo Tarigan (GGS153). Team GGS berangkat dari Tigabinanga ke juhar jam 13.10 Wib dengan menggunakan kendaraan sepeda motor karena sebelumnya dapat informasi bahwa bila menuju ke lokasi hanya bisa ditempuh dengan sepeda motor dan berjalan kaki.

Air Terjun Lau Sendulpak 02

Klik gambar untuk diperbesar

Adapun jarak yang kami tempuh dari Tigabinanga ke Juhar sekitar kurang lebih 9 km, sekitar jam 13.30 kami berhenti sejenak di Juhar untuk menanyakkan ke warga setempat arah jalan menuju lokasi dan sambil membeli bekal minuman Air mineral, beberapa pisang goreng dan 6 bungkus mie goreng (siapa tahu nanti team GGS kelaparan atau kehausan, hehehe) karena sebelum berangkat kami hanya ingat membawa peralatan mandi seperti sabun dan sampo, (maklum lah namanya juga GGS – Ganteng Ganteng Singalorlau, jadi kemana saja tetap ingat kebersihan diri biar tetap ganteng) hahahaha.

Setelah mendapatkan informasi Team GGS pun melanjutkan perjalanan ke lokasi, setelah menempuh jarak 2 km dari juhar kami pun mulai melewati jalan perladangan yang lebar kurang lebih 2 meter, sampai kami di ladang coklat kami juga bertanya kepada pemilik ladang petunjuk menuju lokasi sambi minta tolong untuk memarkirkan sepeda motor kami. Adapun jarak dari jalan utama menuju ke ladang coklat tempat kami menitipkan sepeda motor sekitar 300 meter.

Setelah kami menitipkan sepeda motor kami harus melanjutkan dengan berjalan kaki, karena jalan menuju ke lokasi dari ladang coklat tersebut hanya jalan setapak. Didalam perjalanan kami sempat nyasar karena salah mendengarkan petunjuk dari pemilik ladang coklat tersebut yang mengatakan kami harus turun ke bawah dan mengikuti arus jalur sungai kecil tapi Team GGS malah berjalan melawan arus sungai hahahaha (Maklumlah Team GGS terlalu bersemangat).

Air Terjun Lau Sendupak 016

Klik gambar diperbesar

Team GGS pun nyasar sampai berjarak 250 meter dan tersesat di perladangan yang sedikit becek. Setelah beberapa beberapa lama kami pun menyadari bahwa kami sudah tersesat. Sambil menunggu laporan dari 2 orang Team GGS Liasta Sebayang dan Fauzi Andri Sebayang yang sudah duluan mencari lokasi malah 3 orang Team GGS sempat-sempatnya berfoto selfi dulu hahahaha. Narsis memang tidak pernah terlupakam Team GGS walaupun tersesat (lihat foto sebelah) hahahaha.

Team GGS pun mencari solusi dengan memikirkan sejenak bagaimana cara menemukan lokasi Air Terjun tersebut, lalau salah satu Team GGS Muhammad S Tarigan mendapat ide untuk menelpon salah teman yang dari Juhar yang bernama Bang Loy Pinem untuk meminta tolong menunjukkan lokasi yang kami tuju.

Air Terjun Lau Sendulpak 03

Team GGS sedang rapat untuk mencari solusi karena tersesat, hahahaha

Sambil menunggu Bang Loy Pinem salah satu teman dari Juhar kami pun pulang kembali ke titik awal kami berjalan kaki yang tidak juah dari ladang coklat tempat kami menitipkan sepeda motor, lalu pun kami duduk-duduk di lahan luas bekas lahan persawahan yang cukup bagus tempat ber istrirahat sambil makan dan minum. Ternyata 2 orang Team GGS ada yang kakinya dihinggapi oleh Pacet, mungkin karena kami tadi melewati persawahan dan tempat kubangan kerbau yang memang banyak pacetnya.

Sekitar jam 15.00 Wib Bang Pinem pun datang dan Team GGS melanjutkan perjalanan ke lokasi, dan ternyata dari tempat kami menitipkan sepeda motor hanya berjarak kurang lebih 120 meter, hahahahaha (sesuai petunjuk pemilik ladang coklat bahwa kami memang haru mengikuti alur arus sungai bukan melawan arus sungai, nyasar deh… hahahaha).

Air Terjun Lau Sendulpak 04

Haris Sembiring & Liasta Sebayang – Foto Selfi dengan Kerbau, hahaha

Air Terjun Lau Sendulpak 05

Jalan mejuju ke Air Terjun

Air Terjun Lau Sendulpak 06

Jalan mejuju ke Air Terjun

Setelah sampai di lokasi Air Terjun Sendulpak kami sangat merasa senang, karena semua kelelahan, tersesat, sampai dihinggapi pacet sudah terbayar kan setelah berada di lokasi, silahkan lihat foto-foto hasil pemantauan Team GGS yang penuh perjuangan.

Air Terjun Lau Sendupak 001

Air Terjun Sendulpak

Air Terjun Lau Sendupak A

Team GGS Narsis di Air Terjun Sendulpak

Air Terjun Lau Sendupak B

Team GGS Narsis di Air Terjun Sendulpak

Air Terjun Lau Sendupak 015

Team GGS Narsis di Air Terjun Sendulpak

Air Terjun Lau Sendupak C

Team GGS Narsis di Air Terjun Sendulpak

Air Terjun Lau Sendupak F

Haris Sembiring/Admin Tigabinanga.net GGS555

Air Terjun Lau Sendupak E

Muhammad Sudin Tarigan GGS058

Air Terjun Lau Sendupak D

Liasta Sebayang/Bayanx Oke Jogja GGS807

Air Terjun Lau Sendupak H

Manan Tarigan GGS088

Air Terjun Lau Sendupak G

Fauzi Andri Sebayang GGS765

loy pinem

Abang Loy Pinem (Pemandu Team GGS ke lokasi) Terima Kasih bang

Demikilan lah perjalanan dan pemantaun Team GGS untuk meningkatkan potensi wisata yang belum dikenal agar bisa banyak dikungjungi oleh teman-teman semau dan orang banyak, semakin sering dan semakin ramai Air terjun ini dikunjungi maka akan semakin terkenal dan tidak kalah dengan tempay wisata yang sudah terkenal senelumnya. Kami Team GGS berharap agar pemerintah ikut memperhatikan agar Air Terjun Sedulpak ini di tata sebagus mungkin. Kami Team GGS berharap agar semua alam yang kita miliki dilestarikan dan dihargai agar bisa diwariskan kepada anak cucu kita nanti dan tetap terjaga indah.

Cukup sekian dulu petualangan, penjelajah, dan peduli dengan meningkat potensi wisata dari Team GGS dan tunggu petualangan kami di EDISI KETIGA…

Bujur Melala dan Mejuah juah dari Team GGS

Berita terkait : http://tigabinanga.net/ayo-ke-namo-karang/