Becak Batman

Admin tigabinanga.net lagi selfi di becak batman... hehehe Baca »

Uis Gara Goes To Netherlands

Sedikit cerita tentang kebanggaan warga karo yang tinggal di Kota Heerlen Belanda... Baca »

Kedai Kopi Surya Indah

Kedai kopi berbobot dan keren, ngopi yuukkk... Baca »

Tigabinanga Tempo Doeloe

Mari kita lihat sejenak Tigabinanga tempo doeloe... Baca »

Suka Menulis dan Foto?

Mari Bergabung untuk berbagi informasi... Baca »

 

Anak Sabang Merauke Hari ke-2 : Orientasi ASM

Hari ini kami mulai berkegiatan. Hari ini adalah orientasi ASM. Jadi, di sini kami akan berkenalan lebih dekat dengan ASM lainnya dan KSM (Kakak Sabang Merauke). Serta menyamakan ekspektasi dan mempersiapkan diri dalam mengikuti seluruh program.

  • Judul : Orientasi ASM
  • Hari : Jumat
  • Tanggal : 07 Agustus 2015
  • Penulis : Nur Aisah br Tarigan

Pagi ini, sekitar subuh, mimpiku buyar ketika kamarku digedor-gedor Siska, ASM asal Yogyakarta yang kamarnya tepat bersebelahan dengan kamarku. Aku langsung buru-buru membuka pintu dan mempersilakannya masuk. Rosmiati, ASM dari Karawang yang sekamar denganku juga ikut terbangun. Rupanya, niat Siska itu untuk ngebangunin kami, karna pukul 07.00 WIB kita semua sudah harus ke bawah.

Ya, kami pun bergantian mandi. Ya, karena belum dapat perlengkapan mandi dari Sabang Merauke, kami beli seadanya di Alfamart yang dekat daerah situ. Uniknya, kami semua saling berbagi, misalnya, aku dan Rosmiati tidak membeli pasta gigi, sedangkan Siska tidak membeli shampo, jadi, kami gantian pinjem-pinjeman gitu.

Sehabis mandi, kami mulai berkemas. Karna nanti kami akan bertemu dengan FSM (Family Sabang Merauke) kami masing-masing,,yeaayy!! Ga sabar ketemu!

Salah satu kakak penggerak memberitahu kami untuk makan, jadi kami ambil makanannya di bawah. Lalu aku, Rosmawati, Siska, dan Louisa asal Sumbar makan di atas, karena kebetulan kamar kami berempat di atas.

Teng! 8 menit lagi pukul 07.00 kami segera ke bawah, berkumpul dengan ASM dan kakak-kakak lainnya.Wah, mobil yang mengantar kami sudah menunggu di depan. Kami, ASM yang perempuan naik mobil berwarna hijau bersama sebagian kakak-kakak penggerak, dan yang laki-laki naik di mobil yang satunya, tentunya juga dengan kakak-kakak.

Aku sih sempat bingung ya, “Mau dibawa kemana, ya??” Ciitt…mobil berhenti “Kita sudah sampaii!!” kak Novi langsung siap-siap turun. Wah, kami melaksanakan orientasi ASM-nya di gedung Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan!! Asyik..pasti seru!

Di luar sana ada beberapa ibu-ibu mengikuti senam pagi. Kami langsung naik ke atas, di atas kami mengisi absen kehadiran, lalu diberikan pin nama. Bagus sekali! Lalu kami satu per satu diajak berfoto dan bermain games. Yang anehnya, di depan kursi kami ada ruangan yang pintunya ditutup. Aku sih, ga kepikiran kira-kira itu ruangan apa.

Kami semua kemudian disuruh berbaris gitu sama kak Adel. Dan pintunya dibuka!

Jreng! Kami disambut oleh kakak-kakak penggerak dan KSM dengan lagu Dari Sabang Sampai Merauke dengan ruangan yang lampunya dimatiin.

Sampai di dalam kami membentuk sebuah lingkaran, dan lampunya dihidupin. Di situ aku ketemu sama KSM aku, namanya Kak Fiya, salah satu mahasiswa di UMM.

Di situ kami belajar banyak sekali. Kami juga disuruh ngegambar pake crayon dan spidol di hari-hari program yang sudah dijelaskan kakak-kakak. Kami juga sudah saling mengetahui tentang KSM dan begitu juga sebaliknya, mengetahui sejarah Sabang Merauke, lebih mendalami nilai-nilainya, dan lainnya.

Setelah sudah selesai, kami dibagikan baju batik, pensil case, topi, peralatan mandi, kaos SabangMerauke, dan lain lain. Kami langsung disuruh ganti baju, dan berfoto bersama. Setelah itu, kami semua berbaris panjang, menutup mata, tapi harus tetap megang pundak teman yang didepannya. Di situ kita diajak kembali ke ruangan sebelumnya.

Sudah sampai di ruangan, kami disuruh buka mata. Ternyata itu waktunya kita ketemu dengan FSM (Family Sabang Merauke) kita. Yah, tapi sayang, FSM aku waktu itu belum datang. Di situ semua ASM sudah berkenalan dengan FSM-nya masing-masing. Ngegambar telapak tangan bareng, foto bareng. Ya, kalau aku sih, ya ngegambar telapak tangan dan foto bareng sama KSM-nya aku. Oh iya, aku juga sempat ketemu dengan kak Febriani, salah satu saudara Sabang Merake. Kata kak Febri, dulu dia ngasih tau tentang Sabang Merauke ke atasannya di kantor beru Manik. Dan kawannya inilah yang memberitahu Sabang Merauke ke guruku.

Anak Sabang Merauke Hari ke-2  Orientasi ASM 03

Nur Anisa br Tarigan foto bersama salah satu Kakak Sabang Merauke

Setelah semua acara selesai, kita nutup acara pakai doa, yang dipimpin salah satu KSM. Setelah itu kita diberikan peta-peta perjalanan yang digambarkan oleh kak Tama. Kak Tama ini juga pernah kaya ngelukis gitu di Meseum Seni di Singapore. Kita juga dijelasin petanya itu digimanain.

Malam itu ada welcoming dinner di rumah ibu Tiwi. Ibu Tiwi ini adalah salah satu FSM pada SM Batch-2 tahun lalu. Karna aku belum ketemu FSM aku, aku ikut FSM-nya Ijong, aku naik mobil mereka ke rumah ibu Tiwi. Rumah ibu Tiwi berlokasi di Jl. Pulo Mbangkeng. Sampai di sana kami memperkenalkan diri beserta keluarga masing-masing, ada kuis, dan lainnya.

Anak Sabang Merauke Hari ke-2  Orientasi ASM 02

Foto bersama 15 Anak Sabang Merauke dari berbagai daerah di Indonesia

Anak Sabang Merauke Hari ke-2  Orientasi ASM 01

Foto bersama Anak Sabang Merauke dan Kakak Sabang Merauke

Rupanya malam itu FSM aku sudah sampai di rumah ibu Tiwi. Nama FSM aku keluarga ibu Lukitha dari Bekasi.

Setelah semua acara selesai, aku ikut keluargaku ke Bekasi. Dan sampai di rumah sekitar pukul 10 lebih. Aku ditunjukin kamarnya, dan langsung ngeluarin barang untuk disusun. Dan yang terakhir adalah istirahat.

Oh iya, besok dan minggu adalah Family Day. Di hari itu aku akan menghabiskan waktu bersama keluarga. Yuk, terus ikutin cerita aku ya!

# Jangan lupa terus mengikuti kegiatan Anisa selama mengikuti kegiatan Anak Sabang Merauke. Kita tunggu lagi cerita seru Anisa.

Berita terkait :

  • Dari Tigabinanga ke Jakarta Untuk Menjadi Anak Sabang Merauke, klik disini
  • Anak Sabang Merauke Hari ke-1 : Berangkat ke Jakarta, klik disini
  • Anak Sabang Merauke Hari ke-2 : Orientasi ASM, klik disini
  • Anak Sabang Merauke Hari ke-3 : Family Day, klik disini