Becak Batman

Admin tigabinanga.net lagi selfi di becak batman... hehehe Baca »

Uis Gara Goes To Netherlands

Sedikit cerita tentang kebanggaan warga karo yang tinggal di Kota Heerlen Belanda... Baca »

Kedai Kopi Surya Indah

Kedai kopi berbobot dan keren, ngopi yuukkk... Baca »

Tigabinanga Tempo Doeloe

Mari kita lihat sejenak Tigabinanga tempo doeloe... Baca »

Suka Menulis dan Foto?

Mari Bergabung untuk berbagi informasi... Baca »

 

Asiknya Nongkrong di Kedai Kopi Tiga Binanga

Nongkrong dikedai kopi di Tiga binanga serasa di Starbuck atau The Coffee Bean, kenapa begitu? Kan sama-sama tempat minum kopi atau pun minum teh bersama-sama sanak saudara ataupun teman-teman sambil ngobrol tak lupa menarik sebatang rokok atau cemilan jajanan yang disediakan oleh pemilik kedai.

Lebih dari satu dekade ini di kota-kota besar sangat marak dibukanya kedai-kedai kopi franchise (waralaba) dengan berbagai merek seperti ; Starbuck Coffe, The Coffee Bean, dan beberapa merek lokal yang berbasis franchise. Kedai-kedai kopi yang bermerek franchise biasanya dibuka di area-area berkelas, misal Mall atau dijalan-jalan protokol. Fasilitas yang disediakan pun tidak tanggung-tanggung, mulai dari tersedianya Koran atau tabloid dari berbagai macam penerbit berkelas sampai fasilitas free wi-fi bagi pelanggannya yang bisa dipergunakan sepuasnya selama mereka masih berada area kedai kopi. Bahkan beberapa kedai kopi tersebut bisa system booking tempat sebelum datang. Memang sangat berkelas dan dimanjakan dengan beberapa fasilitas.

asiknya nongkrong di kedai kopi 01Mari kita kembali ke topik kenapa asik nongkrong dikedai kopi di Tiga Binanga, nanti kalau kita bahas terus tentang kedai kopi bermerek admin bisa pusing kepala karena nongkrong dikedai kopi bermerek harga secangkir kopinya…… sudah lah nanti bikin pusing kepala saja, hehehe.

Kedai-kedai kopi di seluruh kecamatan Tiga Binanga sangat banyak (kurang tahu berapa jumlah pastinya), jika kita perhatikan saja di desa-desa wilayah Kecamatan dalam satu desa bisa lebih dari 3 kedai kopi.

asiknya nongkrong di kedai kopi 02

Suasana lagi Nongkrong di kedai kopi sambil ngopi dan berbincang-bincang bersama teman Lokasi : Kedai Kopi BOJ Simpang Pasar Baru II Tiga Binanga – Pemilik : Lias Sebayang

asiknya nongkrong di kedai kopi 06

Suasana kedai kopi yang selalu membuat kita tertawa jika membahas sesuatu

Budaya ke kedai kopi atau nongkrong dikedai kopi dari jaman dulu memang sudah ada, hanya dulu di dominasi oleh para orang tua khususnya bapak-bapak saja, karena dulu kedai kopi adalah salah satu tempat yang favorite bagi orang tua untuk membuang suntuk atau tempat untuk melepaskan lelah sepulang dari ladang. Tapi sekarang bercampur antara orang tua dan anak muda dan bahkan sekarang sudah mulai di dominasi oleh para anak muda. Beberapa fungsi kedai kopi selain tempat minum bagi warga Tiga Binanga adalah tempat berkumpul bersama-sama teman sambil menikmati secangkir kopi sambil berbincang-bincang, ada yang sambil menonton TV atau mendengarkan musik serta ada juga yang bernyanyi di iringi oleh musik gitar yang dibawa dari rumah (yang pasti lagunya lagu karo, jarang ada nyanyi lagu barat, karena tidak hafal atau tidak tahu admin juga kurang tahu, hahaha). Kadang ada juga ke kedai kopi hanya sekedar membaca Koran sambil minum teh (jika semua halaman koran sudah selesai dibaca baru pulang, jadi tidak perlu lagi langganan korang cukup pesan teh manis saja ke kedai kopi sudah puas baca Koran, hehehe). Obrolan di kedai kopi pun bermacam-macam, mulai dari masalah harga jagung atau harga tanaman lainnya sampai masalah politik, perekonomian, dan bahkan kadang masalah program atau pun proyek (keren ya, hehehe).

teh susu

Teh Susu

Biasanya kedai-kedai kopi ramai dikunjungi dimalam hari, karena disaat malam hari warga bisa bersantai di kedai kopi sepulang dari tempat kerja atau dari ladang. Sedangkan menu minuman yang tersedia di kedai kopi sangat bervariasi mulai dari teh manis, teh susu, kopi susu, teh telor dan lainnya. Menunya memang biasa dan sudah umum tapi yang bikin luar biasa adalah bisa minta tambahan TAWAR ke pemilik kedai kopi, TAWAR adalah ramuan kesehatan ciri khas dari masyarakat Karo yang terdiri dari rempah-rempah yang berkualitas tinggi resep warisan dari nenek moyang orang karo. Tawar sangat bagus untuk kesehatan mulai dari stamina, obat masuk angin, pegal-pegal (mantap kan, hehehe). Inilah yang tidak tersedia Starbuck atau The Coffee Bean diseluruh cabangnya.

Bagi teman-teman yang diperantaun bila liburan ke Tiga Binanga jangan lupa mampir ke kedai kopi terdekat, siapa tahu nanti ketemu teman-teman lama. Sudah dulu ya… admin mau ngopi ke kedai kopi.

asiknya nongkrong di kedai kopi 04 asiknya nongkrong di kedai kopi 05