Becak Batman

Admin tigabinanga.net lagi selfi di becak batman... hehehe Baca »

Uis Gara Goes To Netherlands

Sedikit cerita tentang kebanggaan warga karo yang tinggal di Kota Heerlen Belanda... Baca »

Kedai Kopi Surya Indah

Kedai kopi berbobot dan keren, ngopi yuukkk... Baca »

Tigabinanga Tempo Doeloe

Mari kita lihat sejenak Tigabinanga tempo doeloe... Baca »

Suka Menulis dan Foto?

Mari Bergabung untuk berbagi informasi... Baca »

 

Budi Daya Ikan Lele

Budi daya ikan lele sebenarnya sangat bisa diterapkan di Tigabinanga sekitarnya untuk menambah penghasilan yang selama ini pada umumnya bergantung pada tanaman Jagung, Coklat dan tanaman lainnya, dan mayoritas petani kita di Tigabinanga sekitarnya mayoritas petani jagung.

Budi daya ikan lele biasa diterapkan di media kolam dengan cara membuat bak kolam baik dengan menggali tanah atau membuat kolam dalam bentuk bak beton. Kali ini kita coba dengan menerapkan budi daya ikan lele dengan kolam terpal yang lebih efisien. Kolam terpal ini bisa di jalankan di medan yang tidak memungkinkan untuk membudidayakan ikan. Misalnya tanah dengan medan propos, tanah pasir, ruang sempit, dan lain-lain. lebih efisien kan?

2

Klik gambar untuk diperbesar

Ada pun kelebihan dan efisien nya adalah : Praktis dan mudah, Investasi kecil, Tidak mudah terkena banjir, Kontaminasi dengan tanah yang tidak diketahui kualitasnya dapat dihindari, Kontrol terhadap kualitas dan kuantitas air lebih mudah, Mudah melakukan pengeringan dan pembersihan, Mudah melakukan panen,Bisa dipindahkan. (Lihat gambar sebelah kiri)

Bagi anda yang ingin menjalankan bisnis budidaya lele di segmen pembibitan harus memahami bahwa bisnis ini cukup menjanjikan. Kenapa demikian? karena setelah telur menetas, bibit lele langsung bisa dijual ke para peternak lele.

Sementara secara teknis bibit lele bisa memiliki ukuran 2-3 cm setelah usia penetasan sudah sekitar sebulan. Biasanya pengembangan bibit lele dilakukan pada medan kolam yang berlumpur. Biasanya di sawah dengan ukuran yang luas. Namun hal ini bisa juga di lakukan namun sebaiknya dilakukan di kolam yang berukuran besar agar bibit cepat besar. Apabila kolam terpal berukuran kecil, maka sebaiknya bibit yang dimasukan dalam jumlah kecil saja. Sebagai penunjang pertumbuhan bibit bisa di suplay dengan makanan berupa pelet setiap harinya.

Waktu yang dibutuhkan agar bibit tumbuh dengan ukuran 5-7 cm sekitar 2 bulan. Bibit yang telah menjapai ukuran ini memiliki harga jual yang lebih baik dan bisa di pasarkan ke peternak lele.

5

Klik gambar untuk diperbesar

Bagi anda yang membudidayakan ikan lele dengan tujuan untuk di jual sebagai lele konsumsi maka sebaiknya membeli bibit berukuran 5-7 cm lebih baik lagi bibit jenis lele Dumbo. Kenapa demikian? dalam hal ini pertimbanganya adalah ukuran bibit yang sebesar itu akan akan lebih cepat tumbuh. Sehingga panen bisa berlangsung lebih cepat dalam kurun 3-4 bulan sudah bisa dipanen. Agar hasil lebih baik dan optimal, maka sebaiknya di suplay dengan memberikan makanan seoptimal mungkin. Budidaya lele untuk konsumsi lebih lebih aman dibanding pembibitan. Karena ikan dengan usia besar lebih tahan terhadap penyakit yang menyebabkan kematian.

Cara pembuatan Kolam sebagai berikut : Dalam pembuatan kolam terpal ini yang harus di perhatikan adalah jumlah populasi dan luas kolam. Untuk populasi 100 ekor lele maka luas kolam terpal yang dibutuhkan adalah (P 2m x L 1m x T 0,6m) P=panjang l=lebar T=tinggi. Nah jika ingin mengembangkan dalam jumlah banyak tinggal di kalikan saja dengan lebar tersebut. Contoh (P 4m x L 2m x T 0,6) bisa menampung 200 ekor lele dan seterusnya, yang perlu di perhatikan adalah panjang dan lebar kolam.

6 8 9

Untuk hal-hal yang belum di mengerti dan ada keinginan untuk mencoba peluang bisnis Budi daya iklan lele ini silahkan tanya langsung ke Bapak Asli (Pemilik SPBU Ola Kisat Tigabinanga) Foto Kolam diambil di belakang Doorsmear Ola Kisat Jln. Kuta Cane Samping Kantor Camat. Silahkan langsung lihat sendiri bentuk/model kolam.

#Bila teman-teman punya saran, kritik ataupun pengetahuan tentang budi daya ikan lele, silahkan isi komentar dibawah ini, agar bisa sharing dengan teman-teman yang lain.