Becak Batman

Admin tigabinanga.net lagi selfi di becak batman... hehehe Baca »

Uis Gara Goes To Netherlands

Sedikit cerita tentang kebanggaan warga karo yang tinggal di Kota Heerlen Belanda... Baca »

Kedai Kopi Surya Indah

Kedai kopi berbobot dan keren, ngopi yuukkk... Baca »

Tigabinanga Tempo Doeloe

Mari kita lihat sejenak Tigabinanga tempo doeloe... Baca »

Suka Menulis dan Foto?

Mari Bergabung untuk berbagi informasi... Baca »

 

Dari Tigabinanga ke Amerika Serikat Untuk Pertukaran Pelajar

Nur Anisa br Tarigan kembali mengukir prestasinya terbang ke Amerika Serikat untuk mengikuti pertukaran pelajar di tahun 2018 ini. Sebagai perwakilan dari Indonesia Nur Anisa br Tarigan akan tinggal dan belajar selama lebih dari 11 bulan di Amerika Serikat, selain belajar Anisa melatih kemandirian, memperluas persahabatan global, dan meningkatkan kualitas diri sebagai generasi bangsa. Di Amerik Serikat dia juga akan memperkenalkan tentang Negara Indonesia, khususnya kebudayaan dan pariwisata Tanah Karo (Sumatera Utara) dan sistem sekolah di Indonesia.

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan deretan prestasi Nur Anisa br Tarigan, yang mana pada tahun 2015 Anisa juga pernah mengikuti program Anak Sabang Merauke (ASM). Di Program ASM ini diseleksi secara ketat dan hanya memilih 15 anak yang dipilih berdasarkan prestasi yang mereka miliki dari seluruh Indonesia, untuk lebih lengkat program ASM silahkan klik disini.

Foto bersama Bapak Ahok sewaktu menjabat Gubernur DKI Jakarta

Foto bersama Bapak Anis Baswedan sewaktu menjabat Mentri Pendidikan dan Kebudayaan

Nur Anisa Br Tarigan, gadis yang biasa dipanggil Anisa ini lahir di Tigabinanga pada 12 Januari 2002. Ia merupakan anak kelima dari enam bersaudara dari pasangan Alm. Mahyudin Tarigan dan Nuraini Br Pinem. Setelah ditinggal ayahnya pada tahun 2014, kini ibunya menjadi tulang punggung keluarga dengan melanjutkan usaha toko alat sparepart sepeda motor yang berlokasi di Jalan Kota Cane, Tigabinanga.

Gadis asal Tigabinanga, Kabupaten Karo ini mengaku suka membaca, mendengarkan musik, dan public speaking. Lulusan SDN 040568 Tigabinanga dan SMPN 1 Tigabinanga ini sedang duduk di kelas sebelas SMAN 1 Kabanjahe. Ia pun pernah menorehkan beberapa prestasi. Sejak SD, ia sudah beberapa kali meraih juara lomba tari lima serangkai bersama tim dari SD-nya. Dari SD sampai SMP ia juga suka mengikuti lomba pidato, misalnya untuk memeriahkan acara bulan Ramadhan di lingkungan rumahnya. Di tahun 2015 ia juga berhasil meraih juara 1 Olimpiade Sains Kabupaten (OSK) Bidang IPA dan juga mewakili Tanah Karo untuk mengikuti Olimpiade Sains Provinsi (OSP). Selain itu, di tahun 2015 ia juga berhasil mewakili Tanah Karo dalam sebuah program pertukaran pelajar nasional Sabang Merauke. Ia juga sekaligus menjadi satu-satunya perwakilan Sumatera Utara di antara 15 anak dari seluruh Indonesia untuk program yang mengusung nilai pendidikan, toleransi, dan ke-Indonesiaan ini.

Di tahun 2018, Anisa berhasil menjadi salah satu finalis program pertukaran pelajar KL-YES (Kennedy Lugar – Youth Exchange and Study). Ia merupakan perwakilan pertama dari Tanah Karo ke Amerika Serikat selama ±11 bulan untuk program ini. Ia juga sudah mendapat pemberitahuan tentang penempatan, tepatnya di Panama City Beach, Florida, dan akan tinggal bersama sebuah keluarga Amerika.

Anisa sangat antusias untuk berangkat ke Amerika Serikat, karena ia berkeinginan kuat untuk melatih kemandirian, memperluas persahabatan global, dan meningkatkan kualitas diri sebagai generasi bangsa. Di sana, ia juga akan memperkenalkan tentang Negara Indonesia, khususnya kebudayaan dan pariwisata Tanah Karo (Sumatera Utara) dan sistem sekolah di Indonesia. Anisa sangat berharap agar sepulangnya ia dari mengikuti program di Amerika, ia dapat membawa pengaruh positif terhadap generasi muda Indonesia, khususnya di Tanah Karo, Sumatera Utara agar termotivasi untuk berusaha menjadi generasi yang maju dan memiliki pemahaman tentang pentingnya pendidikan.

Anisa yakin bahwa keikutsertaannya dalam program KL-YES ini dapat menjadi modalnya untuk menjadi generasi yang dapat membawa perubahan. Ia juga yakin bahwa dengan terpilih dan berangkatnya ia ke Amerika dapat menumbuhkan motivasi dan semangat bagi anak-anak sekitarnya untuk berani keluar dan mencoba hal baru.

Berikut foto-foto Nur Anisa br Tarigan sewaktu mengikuti program Anak Sabang Merauke :

Welcoming party (Acara penyambutan Adik Sabang Merauke)

Anak Sabang Merauke Kunjungan ke Pabrik Combiphar

Anak Sabang Merauke Kunjungan ke Kantor Kemendikbud RI

Anak Sabang Merauke Kunjungan ke Kantor Balai Kota DKI Jakarta