Becak Batman

Admin tigabinanga.net lagi selfi di becak batman... hehehe Baca »

Uis Gara Goes To Netherlands

Sedikit cerita tentang kebanggaan warga karo yang tinggal di Kota Heerlen Belanda... Baca »

Kedai Kopi Surya Indah

Kedai kopi berbobot dan keren, ngopi yuukkk... Baca »

Tigabinanga Tempo Doeloe

Mari kita lihat sejenak Tigabinanga tempo doeloe... Baca »

Suka Menulis dan Foto?

Mari Bergabung untuk berbagi informasi... Baca »

 

Dari Tigabinanga ke Jakarta Untuk Menjadi Anak Sabang Merauke

Sabang Merauke adalah program pertukaran pelajar antar daerah di Indonesia, dengan tujuan membuka cakrawala anak-anak  Indonesia untuk memahami pentingnya pendidikan bagi masa depan mereka dan menanamkan nilai ke-bhinneka-an, sehingga mereka dapat memahami, menghargai, serta menerima keanekaragaman yang dimiliki bangsa Indonesia.

Anak-anak dari sebuah daerah akan diajak untuk meluangkan waktu libur sekolah selama 2 minggu untuk tinggal di daerah lain. Selama masa pertukaran ini, anak-anak ini akan tinggal bersama keluarga angkat yang memiliki nilai-nilai yang luhur dan pencapaian penghidupan yang baik sehingga bisa menjadi panutan nyata dalam hidupnya.

Sabang Merauke menggarisbawahi pentingnya menjaga anak-anak ini untuk terus memegang teguh prinsip-prinsip kebaikan yang telah ditanamkan akar budayanya dan memaknai pengalamannya pasca program. Setelah mereka kembali ke daerahnya, anak-anak ini dapat menjadi jendela kemajuan bagi teman-temannya. (Sumber sabangmerauke.com)

Inti dari Sabang Merauke adalah program pertukaran pelajar antar daerah di Indonesia dengan tujuan menanamkan semangat toleransi, pendidikan, dan keindonesiaan. Sabang Merauke  berkerjasama dengan departemen pendidikan dan kegiatan diadakan setiap tahun dan diperuntukan hanya siswa siswi SMP.

Sabang Merauke menggabung 3 pilar utama yaitu ; Anak SabangMerauke (ASM) adalah peserta pertukaran pelajar usia 13-14 tahun yang telah lolos seleksi program SabangMerauke. Anak SabangMerauke akan tinggal di Jakarta selama program berlangsung. Anak SabangMerauke akan mengikuti berbagai kegiatan yang mengusung 3 nilai SabangMerauke yaitu Toleransi, Pendidikan dan Ke-Indonesia-an.  Kakak SabangMerauke (KSM) adalah kakak pendamping atau mentor yang mendampingi Anak SabangMerauke selama di Jakarta. Kakak SabangMerauke akan banyak berinteraksi dengan Anak SabangMerauke dan menjadi panutan (role model) selama program berlangsung dan setelah ASM kembali ke daerahnya. Famili SabangMerauke (FSM) adalah keluarga angkat tempat Anak SabangMerauke tinggal selama program berlangsung. Keluarga yang terpilih sebagai FSM dan KSM akan berkolaborasi dalam memantau perkembangan Anak SabangMerauke baik selama program berlangsung di Jakarta maupun setelah program berakhir.

Tahun 2015 ini “Sabang Merauke” memberangkat 15 anak yan terpilih berdasarkan seleksi dari berbagai daerah di Indonesia yang mempunyai banyak prestasi, dan yang mewakili dari Sumatera Utara adalah Adik kita Nur Anisa br Tarigan yang berasal dari Tigabinanga (Sumatera Utara).

Nur Anisa br Tarigan yang menempuh pendidikan saat ini di SMP Negeri Tigabinanga adalah putri dari bapak H. Mahyudin Tarigan (Alm.) Ibu Nuraini Br. Pinem. Nur Anisa br Tarigan lahir di Tigabinanga tanggal 12 Januari 2002 memang mempunyai banyak prestasi di akademik, sehingga pihak kepala sekolah merekomendasikan ia berdasarkan kualifikasi siswa/i yang dianggap layak untuk mengikuti acara diselenggarakan oleh Sabang Merauke. Adik kita yang tingginya 149 cm dan penyuka warna Hijau tosca, biru, coklat ini memang selalu mendapatkan rangking disekolah dan pernah mendapatkan beasiswa.

Dari informasi Manan Tarigan saudara tertua Nur Anisa br  Tarigan bahwa ia memang salah satu adik yang terpintar di keluarga. Anak ke  5 dari 6 bersaudara ini mempunyai hobby Membaca dan mendengarkan musik serta sangat mengidolakan  BJ Habibie, dan Albert Einstein. Dan mempunyai cita-cita menjadi arsitek dan pengusaha.

Bagaiman bisa Nur Anisa br Tarigan dipilih mewakili Sumatera Utara?

Nur Anisa : “Sabang Merauke itu kan mau menanamkan jiwa toleransi, ke-Indonesiaan, dan pendidikan. Jadi,  itu ngeliat dari jawabanku di formulir sama pas diwawancara lewat telepon. Yang ditanya kan apa yg kita lakukan untuk daerah kita kalau jadi pemimpin, apa cara kita menghadapi perbedaan dgn teman kita (misal: perbedaan agama, suku, dll), terus tanya nya juga apa cita-cita kita. Sebenarnya banyak pertanyaannya. Cuman menurutku itu yangg paling menonjol ke 3 nilai itu. Jadi,,,kriteria pihak Sabang Merauke dilihat dari cara kita menjawab pertanyaan”

Tanggal 6 Agustus 2015 Nur Anisa br Tarigan akan berangkat ke Jakarta untuk mengikuti acara yang di selenggarakan oleh Sabang Merauke. Di Jakarta Nur Anisa akan dipertemukan dengan 14 peserta lain untuk saling beriteraksi melakukan berbagai program kegiatan sampai dengan tanggal 23 Agustus 2015.

Berikut prestasi yang pernah diraih Nur Anisa br Tarigan :

  1. Juara 3 Kelas SDN 040568 Tigabinanga (2007 dan 2008)
  2. Juara 2 Kelas SDN 040568 Tigabinanga (2008)
  3. Juara 1 Kelas SDN 040568 Tigabinanga (2009 s/d 2013)
  4. Juara 2 Pararel Kelas VII SMPN 1 Tigabinanga (2013 dan 2014)
  5. Juara 1 Lomba Pidato Agama (2014)
  6. Juara 1 Olimpiade Sains Nasional (OSN) IPA se-Kabupaten Karo (2014)
  7. Juara Umum SMPN 1 Tigabinanga (2014)
  8. Juara 1 Pararel Kelas VIII SMPN 1 Tigabinanga (2014 dan 2015)
  9. Juara 3 MTQ Tk. Kecamatan Juhar (2015)
  10. Juara 1 Umum SMPN 1 Tigabinanga (2015)
10612830_10205708016792691_8357947038575705236_n

Mari Dukung Nur Anisa br Tarigan Menjadi Anak Sabang Merauke (Klik gambar untuk diperbesar)

Semoga dengan acara ASM (Anak Sabang Merauke) ini banyak memberi pengetahuan dan hal-hal yang baru yang bisa menciptakan karakter baru dalam dunia pendidikan dan menumbuhkan wawasan anak sedini mungkin serta memberikan contoh dan inspirasi bagi anak-anak yang lain agar termotivasi untuk selalu berkarya dan menciptakan generasi yang terbaik nantinya.

Bagi teman-teman atau saudara-saudara kita yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya silahkan meluangkan waktunya untuk melihat kegiatan adik Nur Anisa br Tarigan.

Berita terkait :

  • Dari Tigabinanga ke Jakarta Untuk Menjadi Anak Sabang Merauke, klik disini
  • Anak Sabang Merauke Hari ke-1 : Berangkat ke Jakarta, klik disini
  • Anak Sabang Merauke Hari ke-2 : Orientasi ASM, klik disini
  • Anak Sabang Merauke Hari ke-3 : Family Day, klik disini