Becak Batman

Admin tigabinanga.net lagi selfi di becak batman... hehehe Baca »

Uis Gara Goes To Netherlands

Sedikit cerita tentang kebanggaan warga karo yang tinggal di Kota Heerlen Belanda... Baca »

Kedai Kopi Surya Indah

Kedai kopi berbobot dan keren, ngopi yuukkk... Baca »

Tigabinanga Tempo Doeloe

Mari kita lihat sejenak Tigabinanga tempo doeloe... Baca »

Suka Menulis dan Foto?

Mari Bergabung untuk berbagi informasi... Baca »

 

Google Map Tiga Binanga

Lebih dari setahun ini seluruh Kecamatan Tiga Binanga sudah bisa di lihat dari Satelit melalui Google Maps. Dari foto Satelite Google Maps kita bisa Zoom in (memperbesar) mencapai 20 Meter dari jarak permukaan tanah (lokasi) yang ingin di lihat. Dengan Fasilitas ini kita bisa lebih mudah untuk melihat atau menghitung jarak lokasi satu dengan lain dan bahkan bisa menghitung jarak atau waktu tempuh dari berbagai lokasi yang kita inginkan.

GOOGLE MAP adalah sebuah perangkat lunak dalam internet yang berisi peta atas sebuah wilayah atau lokasi. Peta tersebut menunjukkan gambaran sebagaimana yang sering kita jumpai dalam peta konvensional yang dibuat secara cetak. Baik itu dalam bentuk buku atau juga dalam bentuk pelukisan. Google map adalah sebuah perluasan manfaat dari situs google. Sebelumnya, situs ini hanya dikenal sebagai mesin pencari atau search engine di dunia internet saja. namun seiring perkembangan tekhnologi maka google membuat terobosan baru yang berbeda dengan mesin pencari lainnya.

Hal ini merupakan sebuah strategi yang dibuat oleh pengelola sistus google, agar menarik minat para pengguna internet. Sehingga, mereka tidak hanya mengunjungi situs google tersebut ketika sedang mencari sebuah situs yang memuat konten yang mereka inginkan. Namun, ada fasilitas lain yang diberikan oleh situs google bagi mereka yang menginginkan untuk mengetahui sebuah lokasi. Caranya melalui google map tersebut. Dalam google map, akan disajikan tampilan peta sebuah wilayah yang dibuat secara digital. Sehingga, bagi mereka yang menginginkan mengetahui peta sebuah wilayah, cukup masuk ke situs google map tersebut dan menekan tombol atau mengetikkan sebuah alamat. Maka, lokasi yang Anda inginkan pun akan segera ditemukan tanpa menunggu waktu lama. Adanya fasilitas tambahan selain sebagai mesin pencari pada google map ini, tentu sangat membantu para pengguna internet. Hal ini khususnya dalam proses pencarian sebuah lokasi yang masih asing. Karena dengan adanya google map ini akan memberikan beberapa manfaat di antaranya adalah :

  1. Mempercepat pencarian sebuah lokasi dalam waktu yang singkat. Karena dengan tekhnologi digital sistem pencarian akan berlangsung dengan cepat.
  2. Membantu seseorang yang sedang bepergian untuk mencari jalan yang cepat pada lokasi yang hendak ditujunya.
  3. Mempermudah sistem penyimpanan peta. Karena dengan teknologi digital menjadikan kita tidak perlu ruang yang khusus untuk menyimpan sebuah peta. Sebab dalam google map ini data disimpan dalam bentuk digital.
  4. Bisa diakses dari mana saja. Dengan tekhnologi internet, menjadikan kita bisa mengakses peta tersebut dari berbagai tempat yang memiliki fasilitas internet.
  5. Mengetahui tempat tempat baru yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya.
  6. Adanya pembaharuan data yang lebih cepat daripada menggunakan peta konvensional.

Berkat kemajuan teknologi, sekarang banyak layanan peta online yang menyediakan fasilitas geo tagging seperti Yahoo Maps, BING Maps. Dari semua yang ada, yang paling saya rekomendasikan adalah Google Maps karena format API-nya yang mudah, aplikasinya lebih bagus dan ada pin point-nya. Di layanan peta online yang lain, tidak ada pin point yang dibubuhkan, lokasi yang kita tag hanya ditempatkan di tengah saja. Sebenarnya Geo Tag adalah istilah Computer Science, yaitu suatu metadata identifikasi geografis (metadata geospasial) untuk berbagai media seperti foto, video, website, pesan SMS, Kode QR atau RSS feed. Data ini biasanya terdiri dari koordinat lintang dan bujur, dapat mencakup ketinggian, jarak, akurasi data, dan nama tempatnya. Namun, GeoTagging yang saya maksudkan di sini adalah menggunakan layanan peta online untuk menunjuk suatu lokasi. Kita menunjuk lokasi dengan berbekalkan koordinat bujur dan lintang lokasi tersebut.

Kita bahkan bisa memilih mau membukanya di aplikasi Google Maps atau di browser. Google Maps bahkan punya fasilitas Get Direction, sehingga si penerima bisa langsung dipandu oleh aplikasi cara untuk menuju lokasi yang kita tag tersebut, dari mana pun dia berada. Jangan lupa pula bahwa Google Maps masih punya puluhan fitur lainnya seperti zoom, satelite view, dll. Yang paling penting, URL ini adalah representasi eksak lokasi kita. Jelaslah bahwa cara ini jauh lebih banyak keunggulannya dibanding cara-cara konvensional.

Dan masih manfaat lain nya tentang Google Maps.

Tigabinanga dari satelite 01

Ini contoh beberapa toko atau kantor yang sudah berhasil di konfirmasi oleh pihak Google Maps Indonesia (Bank SUMUT, Rimo Keling 2 Ponsel, Bank DANAMON dan Bank BRI) seputar Jln. Kapten Pala Bangun dan Jln. Juhar)

Tigabinanga dari satelite 02

Ini contoh beberapa toko atau kantor yang sudah berhasil di konfirmasi oleh pihak Google Maps Indonesia (SquitNet Computer, Bank BRI Unit Tiga Binanga dan Tommy Fruit Shop) seputar Jln. Ruam dan Jln. Besar)

Jika anda mempunyai Usaha/Toko/Kantor/Instansi masing bingung untuk entry lokasi tempat usaha anda silahkan hubungi team Tigabinanga.net, kami akan bantu untuk mendaftarkan lokasi usaha anda.