Becak Batman

Admin tigabinanga.net lagi selfi di becak batman... hehehe Baca »

Uis Gara Goes To Netherlands

Sedikit cerita tentang kebanggaan warga karo yang tinggal di Kota Heerlen Belanda... Baca »

Kedai Kopi Surya Indah

Kedai kopi berbobot dan keren, ngopi yuukkk... Baca »

Tigabinanga Tempo Doeloe

Mari kita lihat sejenak Tigabinanga tempo doeloe... Baca »

Suka Menulis dan Foto?

Mari Bergabung untuk berbagi informasi... Baca »

 

Kedai Kopi Surya Indah

Jika ditanya teman-teman semua pasti tahu apa itu “Surya Indah”, pasti banyak yang menjawab kedai kopi, benar kan? memang benar iya, hehehe. Tapi maksudnya bukan hanya itu, karena Kedai kopi “Surya Indah” sudah jadi icon dari Tigabinanga. Kedai kopi tersebut sudah lama berdiri tepatnya saya tidak tahu karena belum saya tanya langsung kepada pemilik/pengelolanya (sekarang dikelola oleh putra dari pemilik sebelumnya yaitu abang kita Darul Kamal Lingga Gayo). Mungkin nanti kalau saya ngopi (terutama Coklat Susu Hollandnya) lagi di kedai tersebut saya tanya secara terperinci riwayat “Surya Indah Kedai Kopi Berbobot.

Beberapa minggu yang lalu tanpa disengaja saya browshing dengan “key word” Tiga binanga, dari sekian banyak website dan jejaringan sosial yang mengandung key word Tiga binanga saya penasaran dengan salah satu website yang terselip key word Surya Indah, karena penasaran saya coba baca website tersebut. Setelah saya baca website tersebut isi nya sangat menarik dan penuh makna. Bisa kita bayangkan orang lain yang bukan berasal dari Tiga binanga saja sudah menganggap jika mampir/lewat Tiga binanga belum sah jika belum mampir ke Kedai Kopi Surya Indah yang selalu tidak lupa kata-kata “Kopi Berbobot”.

Ini beberapa isi yang saya copy paste dari website tersebut :

Bukan saya yang bilang ini, tapi dua orang yang pernah menjadi rekan kerja saya. Mereka pernah tanya apakah saya tahu kedai kopi yang terletak di kota kecil bernama Tiga Binanga, di Sumatera Utara ini. Seumur-umur baru kali itu saya mendengar warung kopi bernama Surya Indah. Berkunjung ke kota itupun saya belum pernah. Ternyata langkah kaki dan rejeki dari Tuhan akhirnya membawa saya ke warung kopi yang tadinya hanya saya dengar ceritanya. Dalam perjalanan dari Kota Kutacane, Aceh menuju Kota Kabanjahe, Sumatera Utara inilah saya melewati Kota Tiga Binanga. Kota kecil ini menjadi tempat transit bagi penempuh jalur lintas Sumatera Utara-Aceh. Letaknya yang berada di tengah membuat kota ini menjadi tempat istirahat yang pas sebelum melanjutkan perjalanan baik ke Kutacane menuju daerah lain di Aceh maupun menuju Kabanjahe, Medan, atau kota lain di Sumatera Utara.

Saya dan beberapa rekan yang baru pulang dari survey di Aceh mampir ke warung kopi Surya Indah ini menjelang sore. Saat yang pas untuk minum teh atau kopi. Jangan bayangkan suasana kedai kopi tempat kongkow ala kota-kota besar. Warung kopi ini dipenuhi meja kursi yang mengingatkan saya pada furniture di rumah nenek. Pada dinding terpampang gambar-gambar para pejabat termasuk mantan presiden Megawati, serta lukisan gambar pengantin berbusana Karo.

Daftar menu ditempel di dinding membuat saya cuma bisa tersenyum menahan geli. Nama minumannya cukup unik. Teh pribumi alias “teh tong” (teh tawar kalau di Jakarta) dijual gratis. Menu kopi yang menjadi andalan adalah kopi rasa bobot, kopi rasa puas, dan kopi rasa tenang yang semuanya sebenarnya kopi-kopi juga. Ada pula menu setrup (sirup), dan cokelat (bukan coklat 😀 ) susu holland yang sebenarnya adalah susu coklat kental manis kaleng. Setiap sore terutama weekend, warung kopi ini ramai pengunjung lokal berbaur dengan orang-orang yang transit. Turis asing juga suka mampir ke warung ini. Saking terpesonanya sama warung kopi ini, saya mencoba teh susu dan kopi susu istimewa rasa bobot sekaligus. Hasilnya ? sepanjang malam menuju Kota Kabanjahe, saya berdebar-debar bukan karena melihat cowok ganteng, tapi terkena kuatnya efek kopi yang menguasai lahan jantung dan kepala saya !

Penulis Artikel diatas : Wiwik Mahdayani Konsultan pariwisata, penyuka perjalanan dan kuliner, penikmat teh. Penulis buku The Green Traveler- Catatan Perjalanan Ekowisata di Indonesia dan The Natural Guide to Bali, Lombok, Sumbawa, Sumba and Flores I dan II (French Edition). www.kratonpedia.com

Ada salah satu kata-kata yang membuat saya tersenyum dan tertawa kecil yaitu membaca tulisa dibawah ini yang saya tandai dengan tulisan warna biru, coba perhatikan gambar dibawah ini :

surya indahIsi tulisan nya : “Sepanjang malam menuju Kota Kaban Jahe, saya berdebar-debar bukan karena melihat cowok ganteng”, berarti penulis saja pun tahu kalau di Tiga binanga terkenal dengan banyak cowok-cowok ganteng dan cewek-ceweknya pun cantik semua, dan memang benar kok semua yang berasal dari Tiga binanga pasti ganteng-ganteng dan cantik-cantik…. hahahahahahaha.

Penulisnya saja pun sangat penasaran dengan Kedai Kopi Surya Indah Kopi Berbobot, jadi teman-teman semua yang diperantau wajib selalu mengunjungi kedai kopi berbobot tersebut setiap pulang ke Tiga binanga. Memang dari sejak dulu sampai sekarang sudah menjadi bahan pembicaraan dan sebagai icon Tiga binanga. Pokoknya top lah…. Oiya… Kedai Kopi Surya Indah juga wajib jadi tempat selfi di Tiga binanga… kalau ke Tiga binanga belum ngopi sambil SELFI jadi belum sah namanya…. hehehehe

Masih penasaran juga? coba kunjungi website tersebut.

Klik gambar untuk diperbesar

Klik gambar untuk diperbesar

Pendiri Kedai Kopi Surya Indah :

  • Nama : H. D Syamsul Bahri Lingga Gayo bin Sental Sinulingga bin Kerong Lingga bin Sebayak Lingga Laksa Lingga (Pa Kerong Lingga) bin Sebayak Lingga Rajakin Lingga bin Sebayak Lingga Raja Senina.
  • Tanggal Lahir  : 14 Desember 1942
  • Tutup Usia : 14 desember 1990