Becak Batman

Admin tigabinanga.net lagi selfi di becak batman... hehehe Baca »

Uis Gara Goes To Netherlands

Sedikit cerita tentang kebanggaan warga karo yang tinggal di Kota Heerlen Belanda... Baca »

Kedai Kopi Surya Indah

Kedai kopi berbobot dan keren, ngopi yuukkk... Baca »

Tigabinanga Tempo Doeloe

Mari kita lihat sejenak Tigabinanga tempo doeloe... Baca »

Suka Menulis dan Foto?

Mari Bergabung untuk berbagi informasi... Baca »

 

Lebih dari 4.000 Ha lahan jagung di Kecamatan Tigabinanga dilanda kekeringan

Musim tanam jagung di semester satu tahun 2016 ini petani jagung di Kecamatan Tigabinanga di rundung sedih, ini dikarenakan lebih dari 4.000 Ha lahan jagung mengalami kekeringan. Ini disebabkan oleh kemarau yang panjang.

Jika pemerintahan karo tidak segera bertindak dan mencari solusinya akan berdampak bagi pertumbuhan perekonomian yang buruk di Kecamatan Tigabinanga, yang mana salah satu penghasilan terbesar warganya dari hasil tanaman jagung.

“Lebih dari 4.000 Ha lahan jagung yang dilanda kekeringan (puso) di Kecamatan Tigabinanga masih data yang masuk ke kami,” ujar tokoh masyarakat Tigabinanga Bapak Amin Sebayang (salah satu pengurus koperasi petani jagung tanah karo).

Dalam hal ini Bapak Amin Sebayang juga sudah berusaha meminta data-data lahan jagung yang mengalami kekeringan di Kecamatan Tigabinanga dan Kecamatan sekitar Tigabinanga, agar lebih mempermudah dalam memberi penanganannya.

Bahkan ada beberapa petani berusaha menanam ulang bibit jagung tetapi ini akan menambah biaya operasional yang diperkirakan lebih dari 3 juta per Ha. Jika hal ini dilakukan oleh seluruh petani jagung yang mengalami kekeringan (puso) maka bisa kita bayangkan berapa total kerugian seluruh petani jagung di Kecamatan Tigabinanga.

Padahal Kecamatan Tigabinanga salah satu daerah di Tanah Karo yang hasil produksi jagung berkapasitas besar. Dalam hal ini Pemerintah Karo harus segera memberi solusi terhadap masalah kekeringan ini, ini dikarenakan bahwa hasil tanaman jagung salah satu penghasilan terbesar bagi masyarakat Kecamatan Tigabinanga, jika hal ini dibiarkan berlarut-larut makan pertumbuhan perekenomian Kecamatan Tigabinanga akan mengalami hambatan yang sangat buruk. Dan juga berdampat bagi bidang yang lain.

Dan ini harus jadi perhatian penuh bagi Pemerintahan Tanah Karo, karena Kecamatan lain di Tanah Karo juga mengalami kekeringan.

“Kemungkinan hasil produksi tanaman jagung kali ini akan berkurang 50% dari musim sebelumnya,” ujar Bapak Amin Sebayang.

Sumber foto : Bapak Amin Sebayang