Becak Batman

Admin tigabinanga.net lagi selfi di becak batman... hehehe Baca »

Uis Gara Goes To Netherlands

Sedikit cerita tentang kebanggaan warga karo yang tinggal di Kota Heerlen Belanda... Baca »

Kedai Kopi Surya Indah

Kedai kopi berbobot dan keren, ngopi yuukkk... Baca »

Tigabinanga Tempo Doeloe

Mari kita lihat sejenak Tigabinanga tempo doeloe... Baca »

Suka Menulis dan Foto?

Mari Bergabung untuk berbagi informasi... Baca »

 

Raga Go To Jerman

Coba perhatikan foto yang kami Posting ini dan perhatikan apa yang di bawa ibu yang didalam foto ini. Sudah tahu kan? Itu nama nya Raga (Tas/Kerangjang) ciri khas suku Karo, lebih tepatnya namanya RAGA DAYANG-DAYANG, Raga Dayang-Dayang berbahan Rotan yang dianyam dan dibentuk menjadi satu lingkaran dengan alas berbentuk segi empat berdiameter kurang lebih 0,5cm dan berukiran bunga gundur, mata-mata lembu, tampune-tampune, anjak-anjak beru Ginting dan pancung-pancung cekala berukuran 17×17 cm dengan tinggi kurang lebi 28 cm serta bergaris tengah kurang lebih 30 cm. Adapun fungsinya digunakan untuk tempat kain dan kebutuhan lainnya bila akan bepergian mau pun berbelanja bagi wanita karo.

Banyak teman-teman berpikir apa hubungannya Raga ini dengan judul “Raga go to Jerman”?

Jika diperhatikan lagi foto diatas bahwa Ibu yang membawa Raga tersebut sedang berfoto selfi dengan raga dengan berlatarbelakang kota Munich salah satu kota terbesar di Jerman sangat bangga berfoto sambil menunjukkan Raga yang dibawanya.

Sebelum admin utarakan apa maksud judul diatas mari kita lihat dulu profile Ibu yang membawa Raga tersebut. Ibu ini bernama lengkap : Mahlina Siregar bebere Sebayang, orang tua beliau berasal dari Tiga binanga bernama Malem Karina Br Sebayang, beliau cucu dari Kakek Raja Muhammad Mbogoh Sebayang dan Nenek Maliken Br Sembiring. Nama Suami Mohd Uli Leicht Sinulingga (disahkan bermarga Sinulingga) suku asli Bavaria berkebangsaan Jerman. Dan dikarunia 3 putra/I yang bernama Anna Karunia, Richard Alhamdi dan Raja Ulrich yang pasti bermarga dan beru Sinulingga. Mulai dari tahun 1993 Beliau sudah tidak tinggal lagi di Indonesia, karena tuntutan pekerjaan Beliau perpindah-pindah dari satu Negara ke Negara lain, mulai dari Singapore, Malaysia dan beberapa Negara di Asia. Tahun 1997 Beliau menikah dan menetap bersama suami di Jerman sampai sekarang. Biarpun sudah puluhan tahun tinggal di Jerman tetapi Beliau tidak pernah akan lupa dari mana Beliau berasal, karena cintanya dengan asal Beliau bahkan sering menghidangkan masakan Indonesia (terlebih masakan Batak dan Karo) untuk keluarga. Dan salah satu yang membuat admin salut yaitu foto Selfi bersama Raga tersebut, jika Beliau memakai raga tersebut dalam setiap bepergian maka banyak orang di Jerman melihat dan bertanya yang dibawa itu apa, semakin sering dibawa maka akan semakin ditanya dan pasti bagi warga setempat melihat Raga tersebut suatu barang yang unik.

Sekarang saya akan jelaskan kenapa judulnya “Raga Go To Jerman”. Jika teman-teman semua yang sedang berada di perantau baik di dalam negeri maupun diluar negeri mencontoh Beliau setiap bepergian dengan Raga dan berselfi maka akan banyak Raga-Raga yang lain : Raga Go To Jakarta, Raga Go To Surabaya, Raga Go To Bali, Raga Go To Singapore, Raga Go To Chicago, Raga Go To Netherland, Raga Go To Paris, Raga Go To Rusia, dan lainnya. Dan Setiap bepergian dan berfoto selfi dengan Raga dan diupload pasti orang lain bertanya apa itu Raga, Jadi dengan bertanya seperti itu pasti mereka jadi tahu, jika seperti itu dilakukan Wanita Karo dimana saja pun berada pasti secara otomatis Raga Semakin dikenal oleh orang lain dan sekaligus memperkenalkan secara dekat Budaya Karo. Maka raga sebagai Aset Budaya Karo jadi sangat terkenal dimanapun.

Buat teman-teman wanita karo patut mencontoh ibu Mahlina ini, Beliau dengan bangganya membawa dan berselfi dengan Raga. Jangan hanya bangga membawa Tas Branded bermerek papan atas, beranilah sekali untuk membawa Raga, agar Raga Dayang-Dayang menjadi RAGA GO TO INTERNATIONAL dan menjadi salah satu kebanggan Indonesia.

Raga Go To Jerman 03

Foto Ibu Mahlina Siregar Bersama Suami dan Putra-Putri

Raga Go To Jerman 02

Disaat HUT Kemerdekaan RI Di Jerman

Raga Go To Jerman 04

Foto Orang Tua Dan Suami Ibu Mahlina Siregar

Terima Kasih buat Ibu Mahlina Siregar beserta keluarga dan semoga sehat-sehat selalu di Jerman, Mejuah Juah… Tiga binanga Miss You.