Becak Batman

Admin tigabinanga.net lagi selfi di becak batman... hehehe Baca »

Uis Gara Goes To Netherlands

Sedikit cerita tentang kebanggaan warga karo yang tinggal di Kota Heerlen Belanda... Baca »

Kedai Kopi Surya Indah

Kedai kopi berbobot dan keren, ngopi yuukkk... Baca »

Tigabinanga Tempo Doeloe

Mari kita lihat sejenak Tigabinanga tempo doeloe... Baca »

Suka Menulis dan Foto?

Mari Bergabung untuk berbagi informasi... Baca »

 

Robot Dalang Ki Manteb Ternyata Salah Satu Penciptanya Berasal dari Tigabinanga

Jika dilihat dari judul posting ini teman-teman semua pasti penasaran dan bertanya-tanya siapakah putra dari Tigabinanga yang bisa menciptakan Robot dan mendapatkan penghargaan medali Emas Olimpiade Robotic. Tapi sebelum nya admin memperkenalkan siapakah dia, harap semua teman-teman bisa menahan rasa penasarannya masing-masing. Mari kita sejenak baca tulisan

dibawah ini yang dikutip dari beberapa website/portal dibawah ini.

Indonesia untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah kompetisi robot tingkat internasional yaitu International Robot Olympiad (IRO) 2011. Kompetisi robot bergengsi ini adalah yang sudah ke tiga belas kalinya, tahun sebelumnya diadakan di Australia. Kompetisi ini diselenggarakan oleh suatu komite internasional yang bermarkas di Korea, dan kemudian pada setiap negara anggota mempunyai komite nasional sendiri. Kesempatan untuk mengikuti kompetisi tingkat internasional ini tidak disia siakan oleh mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Maranatha, yang sudah sering mengukir prestasi di berbagai ajang kompetisi robotika tanah air. Ada satu kategori yang cukup menarik di IRO ke 13 ini, yaitu Robot Indonesiana, yang memperlombakan robot dengan ciri khas budaya Indonesia. Ini adalah salah satu bentuk kehormatan bagi tuan rumah. Untuk itu tim robotika TE-UKM melakukan brain storming mencari ide yang masih fresh dan jarang dibuat. Kalau robot penari dan pemain musik sudah umum dibuat. Setelah cukup lama berembuk, akhirnya muncul ide untuk membuat robot pemain wayang yang biasanya kita kenal sebutan dalang. Mengambil nama salah satu tokoh dalang terkenal, maka muncul nama Ki Manteb untuk nama robot dalang ini. Waktu untuk mempersiapkan robot juga tidak banyak, hanya satu bulan. Tetapi berkat dukungan tim dan para stake holder, robot ini dapat selesai tepat waktunya. Dengan beranggotakan mahasiswa Christian Hadinata, Agus Santoso, dan Nelson Mandela Sitepu. pengisi suara dalang Innocentius Alexander Loe, desain busana oleh dosen FRSD Maranatha, Ibu Indra Yanti, dan dosen pembimbing Muliady, dari Teknik Elektro Maranatha, maka terciptalah robot yang unik ini.

Tingkat kesulitan cukup tinggi, karena dua tangan Ki Mantab harus cukup presisi bergerak untuk dapat mengambil wayang, lalu menggerakkan tangan wayang, serta mengangkat/memindahkan wayang. Robot Ki Manteb digerakkan oleh 6 motor servo metal gear torsi tinggi pada setiap lengannya, 1motor servo standar pada gripper dan 1 motor servo untuk menggerakkan tangan wayang pada masing masing ujung tangan robot. Konstruksi robot dibuat dari bahan PVC diameter 4 inch, yang menyatu dengan layar. Kepala dibuat dari bola plastik, kemudian diberi blankon, kaca mata, dan kumis, mirip Pak Raden dalam cerita “Si Unyil”. Koordinat dan gerakkan tangan yang diinginkan dikalkulasi dengan program Visual Studio dalam PC, lalu memberikan perintah kepada board servo controller untuk melakukan gerakan bertahap sampai pada posisi yang diinginkan. Cerita yang diusung kali ini adalah babak akhir mengenai Rama dan Shinta. Dengan drama Shinta yang membuktikan kesuciannya setelah ditahan oleh Rahwana. Hal ini dilakukan karena dalam perlombaan ini peserta hanya mendapatkan waktu maksimal 3 menit untuk mendemonstrasikan robotnya di depan juri.

Diatara ketiga nama mahasiswa Christian Hadinata, Agus Santoso, dan Nelson Mandela Sitepu pencipta ROBOT DALANG KI MANTEB yang meraih Penghargaan Medali Emas Olimpiade Robotic Internasional 2011 adalah salah satu nya berasal dari Tigabinanga yaitu NELSON MANDELA SITEPU. Pasti beberapa teman-teman sudah mengenal beliau, tapi biar lebih jelas mari kita kenal lebih dekat dengan Beliau.

Robot Dalang Ki Manteb  02Nama lengkapnya Nelson Mandela Sitepu dan biasa dipanggil Nelson, Nelson ini adalah putra dari bapak Kalvin Sitepu dan Ibu Riahna Br Tarigan, kedua orang tua Nelson berdomisili di Tigabinanga. Nelson lulusan SMA N 1 Tigabinanga Jurusan IPA tahun 2009 ini dari dulu memang hobby dengan eksperimen elektronika dan membaca. Selama menempuh pendidikan di Universitas Kristen Maranatha Bandung pria yang satu ini menghasilkan prestasi yang patut dikasih 2 jempol. Adapun prestasi yang diperoleh Medali Emas Olimpiade Robotic International 2011, Desain Terbaik Robot Pemadam Api tahun 2012 dan Juara 3 Robot Pemadam Api Tahun 2012. Serta pernah mengerjakan 2 riset di kampus yaitu 1. Penerapan Pengontrol PID pada robot pengikut garis dan 2. Implementasi Algoritma Mapping Arena pada robot pemadam api. Itu lah beberapa karya atau penghargaan yang pernah diperoleh selama 4 tahun menempuh pendidikan dengan IPK 3,2.

Setelah beberapa kali admin berbincang-bincang dengan Nelson Mandela Sitepu via Jejaringan Chat admin tambah salut dengan beliau, karena beliau ada rencana untuk membagi ilmu untuk adik-adik yang masih duduk di bangku SMA dan SMK di Tigabinanga tapi karena kesibukan beliau sekarang bekerja di CV Pi Elektrindo Persada maka harus mencari waktu yang tepat. Maksud beliau untuk membagi ilmu tentang elektro khusus tentang ROBOTIC agar adik-adik tambah semangat dan terbuka pemikiran untuk mengenal dunia ROBOTIC, agar semakin banyak tercipta ahli-ahli pecipta Robot kemudia hari agar Negara kita sejajar dengan Negara maju yang sudah banyak menghasilkan robot-robot super canggih.

Klik Gambar Untuk Diperbesar

Robot Dalang Ki Manteb 01 Robot Dalang Ki Manteb 06 Robot Dalang Ki Manteb 02 Robot Dalang Ki Manteb 03 Robot Dalang Ki Manteb 04 Robot Dalang Ki Manteb 05

Bagi teman-teman yang ingin lebih mengenal sosok Nelson Mandela Sitepu lebih dekat atau bertanya tentang dunia Robot, silahkan klik DISINI untuk berteman dengan Facebooknya